Senin, 24 Juli 2023

Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak?

 

Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak?

Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak?

Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak? Membawa atau menggendong anak ketika shalat hukumnya diperbolehkan, dan shalatnya sah selama tidak ada gerakan yang bisa membatalkan shalat. Seperti tiga kali gerakan secara terus-menerus, atau satu kali gerakan yang keras. Kebolehan shalat sambil menggendong anak adalah berdasarkan salah satu hadits nabi, bahwa suatu saat Rasulullah shalat sambil menggendong Umamah binti Zainab dan Abu al-Ash bin Rabi’ah. Dalam sebuah riwayat disebutkan :

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِي: أَنَّ النَّبِي صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتِ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُوْلِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَلِأَبِي الْعَاصِ بْنِ رَبِيْعَةَ بْنِ عَبْدِ شَمْسٍ، فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا وَإِذَا قَامَ رَفَعَهَا

Artinya, “Dari Abu Qatadah al-Anshari: bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat dengan menggendong Umamah binti Zainab bint Rasulullah saw, dan Abu al-‘Ash bin Rabi’ah bin Abd Syams. Jika sujud, dia (nabi) meletakkan anak itu, dan jika berdiri, dia menggendongnya kembal2i.” (HR Anas bin Malik).

Berpijakan pada hadits Rasulullah di atas, maka dapat disimpulkan bahwa menggendong anak ketika shalat hukumnya diperbolehkan dan shalatnya tetap sah. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam Kitab Musnad-nya yang disusun oleh Syekh Abid as-Sindi, ia mengatakan :

وَفِي هَذَا الْحَدِيْثِ دَلِيْلٌ عَلَى صِحَّةِ صَلَاةِ مَنْ حَمَلَ آدَمِيًا أَوْ حَيَوَانًا أَوْ غَيْرَهُمَا

Artinya, “Dan dalam hadits ini menjadi dalil sahnya shalat seseorang yang menggendong anak manusia, hewan, atau selain keduanya,” (Imam Syafi’i, Musnad Imam asy-Syafi’i, [Beirut, Darul Kutub Ilmiah: 1951 M/1370 H], halaman 369).

Kendati demikian, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini agar shalatnya tetap sah, yaitu: (1) perihal kondisi anak; dan (2) gerakan orang yang menggendongnya. Pertama, anak yang digendong ketika shalat tidak boleh dalam keadaan najis, baik badan maupun pakaiannya. Kedua, tidak boleh ada tiga kali gerakan yang terus-menerus. Jika dua hal ini terpenuhi, maka shalatnya sah.

بشرط أن يكون ثياب الصبيان وأجسادهم طاهرة وإن الفعل القليل لا يبطل الصلاة وأن الأفعال إذا تعددت وتفرقت لا تبطل الصلاة .. وهو دليل مذهب الشافعي على صحة صلاة من حمل الصبي والصبية في صلاة الفرض والنفل للأمام والمأموم والمنفرد

Artinya, “Dengan syarat pakaian anak kecil, dan badannya harus suci. Dan, pekerjaan yang sedikit tidak membatalkan shalat. Pekerjaan yang banyak, jika berbilangan dan tidak terus-menerus juga tidak membatalkan shalat (jika terus-menerus, maka batal). Dan ini adalah dalil dalam mazhab Syafi’i, perihal keabsahan shalat seseorang yang menggendong anak laki-laki atau pun perempuan, baik dalam shalat fardhu, maupun sunnah, bagi imam, makmum, dan orang yang shalat sendiri,” (Imam Syafi’i, halaman 369).

Simpulan

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggendong anak ketika shalat hukumnya boleh-boleh saja, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah. Hanya saja, kondisi anak yang digendong harus dalam keadaan suci, baik pakaian maupun badannya. Demikian jawaban singkat kami. Semoga bisa dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Kami juga menerima saran dan masukan. Terima kasih.

 

Berkurban murah, mudah, dan sah :

Source : nu.or.id

Kamis, 20 Juli 2023

Doa Saat Mencukur Bayi

 Doa Saat Mencukur Bayi

Doa Saat Mencukur Bayi by

Doa saat mencukur bayi - Aqiqah dilangsungkan sebagai wujud syukur atas lahirnya seorang anak. Serta sebagai rasa berbagi kebahagiaan lantaran dikaruniai bayi yang baru saja dilahirkan. Untuk pelaksanaannya, aqiqah bisa dilangsungkan pada hari ketujuh, keempat belas dan seterusnya sampai sebelum baligh berdasarkan madzhab Syafiiyah.

Tetapi, utamanya aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh. Pada saat itu, bayi dicukur sebagian rambutnya dan dilanjutkan pemberian nama diiringi dengan pembacaan shalawat nabi dan dilanjutnya dengan serangkaian acara lainnya. 

Melansir dari NU online, berikut doa saat mencukur bayi.

"Allahumma nuurus samaawaati wa nuurus syamsi wal qamar, Allahumma siruullaahi nuurun nubuwwati rasulullahi shallallahu 'alaihi wa sallam wal hamdu lillahi rabbil 'alamiin"

Artinya : Ya Allah, cahaya langit dan rembulan, Ya Allah rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullahi shallallahu 'alaihi wasallam dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam

Demikian doa saat mencukur bayi yang diajarkan oleh Nabi, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk menyimpan artikel ini agar jika dibutuhkan sewaktu-waktu mudah membukanya. 

https://www.instagram.com/aqiqahnurulhayat/?utm_source=ig_embed&ig_rid=c6bda452-ac8d-4b1f-ae37-88917e748688

 

 

Melantunkan Adzan dan Iqamah Ketika Lahirnya Seorang Bayi

Melantunkan Adzan dan Iqamah Ketika Lahirnya Seorang Bayi

Melantunkan Adzan dan Iqamah Ketika Lahirnya Seorang Bayi. Anak adalah titipan Ilahi. Anak merupakan amanah yang harus dijaga dengan baik. Dalam upaya itulah seringkali orang tua berusaha sedemikian rupa agar kelak anak-anaknya menjadi orang yang shaleh/sholehah berguna bagi masyarakat dan agama. Dalam hal kesehatan jasmani, semenjak dalam kandungan oang tua telah berusaha menjaga kesehatannya dengan berbagai macam gizi yang dimakan oleh sang ibu. Begitu juga kesehatan mentalnya. Semenjak dalam kandungan orang tua selalu rajin berdoa dan melakukan bentuk ibadah tertentu dengan harapan amal ibadah tersebut mampu menjadi wasilah kesuksesan calon si bayi.

Oleh karena itu ketika dalam keadaan mengandung pasangan orang tua seringkali melakukan riyadhoh untuk sang bayi. Misalkan puasa senin-kamis atau membaca surat-surat tertentu seperti Surat Yusuf, Surat maryam, Waqiah, al-Muluk dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan dengan tujuan tabarrukan dan berdoa semoga si bayi menjadi seperti Nabi Yusuf bila lahir lelaki. Atau seperti Siti Maryam bila perempuan dengan rizki yang melimpah dan dihormati orang.

Begitu pula ketika sang bayi telah lahir di dunia, do’a sang Ibu/Bapak tidak pernah reda. Ketika bayi pertama kali terdengar tangisnya, saat itulah sang ayah akan membacakannya kalimat adzan di telinga sebelah kanan, dan kalimat iqamat pada telinga sebelah kiri. Tentunya semua dilakukan dengan tujuan tertentu. Lantas bagaimanakah sebenarnya Islam memandang hal-hal seperti ini? Bagaimanakah hukum mengumandangkan adzan dan iqamah pada telinga bayi yang baru lahir? berdasarkan sebuah hadits dalam sunan Abu Dawud (444) ulama bersepakatn menghukumi hal tersebut dengan sunnah :

عن عبيد الله بن أبى رافع عن أبيه قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن فى أذن الحسن بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة (سنن أبي داود رقم 444)

Dari Ubaidillah bin Abi Rafi’ r.a Dari ayahnya, ia berkata: aku melihat Rasulullah saw mengumandangkan adzan di telinga Husain bin Ali ketika Siti Fatimah melahirkannya (yakni) dengan adzan shalat. (Sunan Abu Dawud: 444)

Begitu pula keterangan yang terdapat dalam Majmu’ fatawi wa Rasail halaman 112. Di sana diterangkan bahwa: “yang pertama mengumandangkan adzan di telinga kanan anak yang baru lahir, lalu membacakan iqamah di telinga kiri. Ulama telah menetapkan bahwa perbuatan ini tergolong sunnah. Mereka telah mengamalkan hal tersebut tanpa seorangpun mengingkarinya. Perbiatan ini ada relevansi, untuk mengusir syaithan dari anak yang baru lahir tersebut. Karena syaitan akan lari terbirit-birit ketika mereka mendengar adzan sebagaimana ada keterangan di dalam hadits. (Sumber; Fiqih Galak Gampil 2010)

 

Klik di sini untuk pemesanan Aqiqah Nurul Hayat :

 

Source : nu.or.id

Senin, 19 Juni 2023

Tips Tidak Pisah Dari Rombongan Umroh atau Haji

 

Tips Tidak Pisah Dari Rombongan Umroh atau Haji

Tips Tidak Pisah Dari Rombongan Umroh atau Haji. Pada saat pelaksanaan ibadah umroh atau haji di Masjidil Haram, para jamaah seringkali terpisah dan tertinggal dari rombongan, yang akhirnya tersesat, kebingungan apa yang harus dilakukan. Saat ibadah umroh atau haji, umat muslim dari berbagai penjuru dunia menuju satu titik, yaitu Masjidil Haram di Makkah.

Terpisah dari rombongan sangat mungkin terjadi, jika sudah terpisah dari rombongan yang terjadi adalah kebingungan berujung hilang kontak dengan rombongan. Jika sudah terpisah, selain repot untuk diri sendiri, juga akan merepotkan peserta lainnya, juga para petugas pendampingnya.

Sebaiknya ikuti petunjuk-petunjuk yang dibeikan petugas pendamping berikut :

1.   Membawa Identitas.

Sebelum berangkat dari hotel tempat menginap, jamaah mesti memastikan diri membawa identitas berupa gelang, kartu identitas, paspor, alamat hotel, atau perlengkapan lain yang dibutuhkan sebagai tanda pengenal. Jangan lupa uang saku secukupnya jika ada kebutuhan mendesak seperti lapar atau tiba-tiba harus pulang ke hotel dengan menggunakan taksi.

2.    Mengingat pintu masuk.

Ada banyak sekali pintu masuk Masjidil Haram dan pintu-pintu tersebut memiliki bentuk yang sama. Namun, setiap pintu memiliki nama dan nomor sendiri-sendiri. Ada pintu Babussalam bernomor 24, Bab Umrah no 62, Bab Fath no 45, dan lainnya. Lebih aman, sebelum masuk, pintu dan nomornya difoto untuk menghindari lupa.

3.    Menentukan titik kumpul.

Titik kumpul bisa di dalam atau di luar Masjidil Haram. Untuk di dalam Masjidil Haram, titik kumpul yang paling gampang adalah area yang mengarah ke tempat sa’i. Terdapat lampu yang menunjukkan arah tersebut sehingga mudah dilihat dari jauh.

Titik kumpul di luar masjid berupa pintu-pintu masuk dengan nomor yang sudah ditentukan. WC di Masjidil Haram juga diberi nomor tertentu yang menjadi penanda dapat dilihat dari jauh dengan mudah. Titik kumpul bisa ditentukan tak jauh dari toilet.

4.    Menentukan waktu kumpul.

Selain menentukan titik kumpul, juga perlu disepakati waktu kumpulnya. Jangan sampai sebagian jamaah asyik menjalankan ibadah sementara yang lainnya diminta menunggu. Kecepatan masing-masing jamaah dalam menjalani thawaf berbeda-beda. Namun, baik yang cepat maupun yang lambat, masing-masing mesti memahami kepentingan bersama. Di Zamzam Tower terdapat sebuah jam besar yang jadi penanda waktu yang menjadi panduan jika jamaah tidak membawa jam tangan.

4.    Menentukan waktu kumpul. 

Selain menentukan titik kumpul, juga perlu disepakati waktu kumpulnya. Jangan sampai sebagian jamaah asyik menjalankan ibadah sementara yang lainnya diminta menunggu. Kecepatan masing-masing jamaah dalam menjalani thawaf berbeda-beda. Namun, baik yang cepat maupun yang lambat, masing-masing mesti memahami kepentingan bersama.  Di Zamzam Tower terdapat

5.    Jangan paksakan baca buku doa.

Beberapa kasus jamaah terpisah terjadi karena selama menjalani thawaf, mereka membaca doa-doa tertentu yang ada di buku atau sekarang dengan mudah diakses melalui HP. Karena fokus pada bacaan, mereka terlepas dari rombongan. Jamaah dapat membaca talbiyah atau bacaan lain yang baik.

6.    Menggunakan seragam.

Ini secara khusus gampang bagi jamaah perempuan. Sejumlah rombongan menggunakan seragam jilbab dengan warna tertentu sehingga bisa dilihat dari jauh, baik bagi jamaah yang terlepas dari rombongannya untuk kembali berkumpul atau bagi ketua rombongan untuk mencari jamaahnya yang tercecer.

7.    Membawa alat komunikasi.

Dengan membawa ponsel, anggota jamaah yang terlepas atau ketua rombongan bisa saling menghubungi. Bahkan, bisa membuat panggilan video untuk mengetahui posisi masing-masing dan mengarahkan titik kumpul terdekat yang paling memungkinkan.

Sebelum berangkat, jangan lupa untuk mengisi HP dengan paket haji karena akan terkena roaming selama di Arab Saudi dengan tarif mahal jika menggunakan paket normal. Nomor telepon lokal Arab Saudi juga bisa dibeli dengan menunjukkan paspor.

8.    Menghubungi petugas.

Jika rombongan sudah pergi lebih dulu karena terlalu lama menunggu atau sebagian sudah terlalu capek sehingga butuh istirahat, maka jamaah yang tertinggal dapat menghubungi petugas haji berseragam yang akan membantu baik di dalam area mataf maupun di luarnya.

Untuk di dalam mataf, terdapat para srikandi yang membantu. Pilihan petugas perempuan ini dikarenakan mereka dapat masuk ke area mataf dengan menggunakan seragam petugas haji, sementara jamaah laki-laki yang diizinkan ke area mataf hanya yang menggunakan baju ihram.

Petugas perlindungan jamaah (linjam) dari sektor khusus Masjidil Haram terus mengawasi area tersebut untuk memastikan keamanan jamaah haji Indonesia.

 

Source : nu.or.id & liputan6

Selasa, 13 Juni 2023

10 Umroh Jogja Recommended

 

10 Umroh Jogja Recommended

Travel Umroh Jogja yang saat ini sedang dicari dan diminati banyak orang terutama melihat dari segi pelayanan yang maksimal dan harga paket murah pun juga jadi pertimbangan. Tetapi, mengeluarkan biaya untuk ibadah umrah tidaklah sedikit. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam memilih biro/travel untuk melaksanakan ibadah umroh maupun haji sangat diperlukan.

Semua umat muslim di seluruh dunia pasti akan melaksanakan ibadah umroh. Karena Rasulullah sangat menganjurkan bagi setiap umat muslim yang mampu secara fisik maupun finansial. Selain itu juga ada ibadah Haji dimana ibadah ini masuk dalam rukun islam yang wajib dilakukan bagi yang mampu.

Selama melaksanakan ibadah umroh, kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang utama. Sebelum berangkat, calon jamaah umroh harus memastikan dengan baik travel mana yang akan dipilih. Nantinya, travel umroh yang dipilih akan menjadi fasilitator jamaah dalam melaksanakan ibadah umrah. Travel akan mempengaruhi kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah umroh. Oleh karena itu, calon jamaah harus mempertimbangkan pemilihan travel pelaksanaan umroh dengan baik.

Oleh karena itu, kami akan membagikan review 10 Travel Umroh Banyuwangi yang terbaik, terpercaya, amanah, dan profesional. Yang selalu memberikan pelayanan maksimal untuk jamaahnya. Simak artikel berikut sampai selesai.

1. Nurul Hayat Travel Umroh & Haji

travel umroh jogja

  • Alamat : Jl. Ireda No.181, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55152
  • Map: Klik Disini
  • No Whatsapp: 081233827372
  • Telepon : 0318783344
  • Website : nhumroh.com
  • Email : cs@nurulhayat.org
  • Fasilitas :
    • Visa
    • Paspor
    • Vaksin
    • Executive Bus
    • 3x sehari buffet nusantara
    • 3x sehari asia food
    • Air zamzam 5 liter
    • Perlengkapan Ibadah
    • Perlengkapan Perjalanan
    • Dokumentasi Video dan Foto
    • dll cek selengkapnya Disini

2. Dewangga Jogja Travel Umroh & Haji

  • Alamat : Jl. Damai No. 53, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581 (Jl. Kaliurang KM. 8 ke Barat 1 KM)
  • No. telp : +6282281181160
  • Email : 
  • Website : 

promo umroh

3. As-Shofa Tours Travel

  • Alamat : Jl Palagan km 8.5 Yogyakarta
  • No. Telp : 0812 1515 0997
  • Email : asshofajogja@gmail.com
  • Website : 

Travel yang bergerak di bidang pelayanan ibadah umroh dan haji plus dari Jogjakarta. Kami menyediakan paket umroh dari jogja mulai dari program reguler hingga plus tour negara lain. As-Shofa tours sudah lebih dari 10 tahun sebagai biro umroh terpecaya di kota jogja yang telah memberangkatkan lebih dari 10rb jamaah hingga saat ini. Bergabunglah bersama travel kami untuk  niat mulia ibadah umrah.

4. Hasuna Tour

  • Alamat : Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.
  • No. Telp : 0811904567
  • Email : 
  • Website : 

Hasuna merupakan perusahaan Tour Umroh dan Haji Plus tertua di Yogyakarta. Kami berdiri sejak tahun 1997 dengan nama PT. Hasuna Intan Permata. Setelah melalui berbagai perkembangan, kemudian kami bertransformasi menjadi PT. Citra Wisata Dunia. Selama lebih dari 22 tahun beroperasi, kami telah sukses melayani lebih dari 21.000 jamaah haji plus dan umroh dari D.I. Yogyakarta, Jawa, Tengah, dan Seluruh Indonesia.

5. Nabawi Mulia Travel

  • Alamat : Jl. Suryodiningratan No. 3 Yogyakarta
  • No. telp : 08990001234
  • Email : nabawimulia@gmail.com
  • Website : 

Nabawi Mulia adalah Biro Travel Umroh dan Haji di Jogja yang terdaftar dan berizin resmi di Kementrian agama. Terdaftar atas nama PT Nabawi Mulia Utama, dengan nomor ijin

promo umroh

6. PT. Nur Ramadhan Wisata Umroh Jogja dan Haji Plus Jogja

  • Alamat : PT. Nur Ramadhan Wisata Umroh Jogja dan Haji Plus Jogja, Jl. Monumen Jogja Kembali, Gemawang, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
  • No. telp : 0274625600
  • Email : info@nurramadhan.com
  • Website : 

Nur Ramadhan berdiri sejak tahun 2001 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Nur Ramadhan Wisata. Alhamdulillah Nur Ramadhan Wisata berizin Resmi & Ter-Akreditasi bernilai A

7. Madinah Iman Wisata Travel

  • Alamat : Jl. MT. Haryono No.43 RT.05/RW.02, Kelurahan Suryodiningratan, Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta
  • No. telp : 087738004505
  • Email : 
  • Website : 

MIW-Madinah Iman Wisata Travel Yogyakarta telah berpengalaman lebih dari 15 Tahun dalam memberangkatkan jama’ah ibadah haji dan umroh. Kami sangat menjaga kepuasan dan kepercayaan jama’ah dalam melaksanakan ibadah haji dan umroh. Lebih dari 15.000 jama’ah telah mempercayakan penyelenggaraan haji dan umrohnya bersama Madinah Iman Wisata Travel. Madinah Iman Wisata telah memiliki izin Resmi dari Kementrian Agama RI untuk penyelenggara Umroh dengan Nomor SK Umroh No U.215 2021 dan Izin Resmi Penyelenggara Haji dengan nomor SK Haji No. 319 2021.

8. Amana Tour & Travel

  • Alamat : Jl. Tegalturi, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163
  • No. telp : +628122737993
  • Email : 
  • Website : 

PT. AMANA BERKAH MANDIRI didirikanpada tahun 2005 oleh Ust. H. Achmad Rifai Gatot, S.Ag., M.M. yang dikenal dengan nama AMANA TOUR & TRAVEL  dengn izin resmi Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor U.304 Tahun 2021. Hingga saat ini memberangkatkan jamaah tidak kurang dari 10.000 jama’ah. Menyediakan layanan pilihan keberangkatan umroh, mulai 1 Tahun hingga menunggu 1 bulan dengan harga yang bersaing. Memberikan kemudahan pindah harga paket, contohnya dari paket Hemat ke paket Bintang 5 atau yang lain, maupun perubahan bulan keberangkatan.

qurban masuk desa

9. Alindra Umroh Jogja

  • Alamat :Jl. Lowanu, Ruko Kirana Residence No. B13, Sorosutan, Umbulharjo Yogyakarta
  • No. telp : +6281222815544
  • Email : 
  • Website : 

Alindra umroh Jogja merupakan salah satu biro umroh terbaik di kota Jogja dan sudah berizin resmi PPIU Nomor U.11 Tahun 2020. Alindra umroh Jogja selalu menjaga komitmen untuk memberikan ibadah yang berkualitas, pelayanan totalitas, dan fasilitas berkelas kepada setiap jamaah. Sehingga anda akan mendapatkan pengalaman terbaik saat beribadah ke tanah suci. Alhamdulillah, setiap tahunnya kami telah memberangkatkan ribuan jamaah untuk melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci. PERIJINAN : PPUI U.11.2020

10. Patuna Travel

  • Alamat : Jl. Taman Siswa No.160, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151
  • No. telp : 08119348700
  • Email : patuna.cs@gmail.com
  • Website : 

PT PATUNA MEKAR JAYA atau lebih dikenal dengan nama PT PATUNA TOUR & TRAVEL adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ticketing, tour, pengurusan dokumen perjalanan ( paspor dan visa ) serta Pelayanan Haji dan Umrah atau dikenal dengan PPIH ( Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji ) khusus.

Senin, 12 Juni 2023

10 Travel Umroh Depok Terbaik Recommeded

 

10 Travel Umroh Depok Terbaik Recommeded

Travel Umroh Depok, yang saat ini sedang dicari dan diminati banyak orang terutama melihat dari segi pelayanan yang maksimal dan harga paket murah pun juga jadi pertimbangan. Tetapi, mengeluarkan biaya untuk ibadah umrah tidaklah sedikit. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam memilih biro/travel untuk melaksanakan ibadah umroh maupun haji sangat diperlukan.

Semua umat muslim di seluruh dunia pasti akan melaksanakan ibadah umroh. Karena Rasulullah sangat menganjurkan bagi setiap umat muslim yang mampu secara fisik maupun finansial. Selain itu juga ada ibadah Haji dimana ibadah ini masuk dalam rukun islam yang wajib dilakukan bagi yang mampu.

Selama melaksanakan ibadah umroh, kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang utama. Sebelum berangkat, calon jamaah umroh harus memastikan dengan baik travel mana yang akan dipilih. Nantinya, travel umroh yang dipilih akan menjadi fasilitator jamaah dalam melaksanakan ibadah umrah. Travel akan mempengaruhi kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah umroh. Oleh karena itu, calon jamaah harus mempertimbangkan pemilihan travel pelaksanaan umroh dengan baik.

Oleh karena itu, kami akan membagikan review 10 Travel Umroh Depok yang terbaik, terpercaya, amanah, dan profesional. Yang selalu memberikan pelayanan maksimal untuk jamaahnya. Simak artikel berikut sampai selesai.

1. Nurul Hayat Travel & Umroh

nurul hayat travel umroh depok

  • Alamat : PQ38+C38, Jl. Ir H. Juanda No.55, RT.7/RW.2, Rempoa, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
  • Map: klik disini
  • No Whatsapp: 081233827372
  • Telepon : 087700404096
  • Website : nhumroh.com
  • Email : cs@nurulhayat.org
  • Fasilitas :
    • Paspor
    • Vaksin
    • Executive Bus
    • 3x sehari buffet nusantara
    • 3x sehari asia food
    • Air zamzam 5 liter
    • Perlengkapan Ibadah
    • Perlengkapan Perjalanan
    • Dokumentasi Video dan Foto
    • dll cek selengkapnya Disini

NH Travel – merupakan biro perjalanan wisata Umroh dan Haji milik Nurul Hayat. Sehingga hasil usaha travel ini digunakan untuk mensupport program-program kebaikan LAZNAS Nurul Hayat. Travel Nurul Hayat atau sering disebut NH Travel juga sudah mendapat izin penyelenggaran umroh dari kemenag dengan No. izin U.491/2021. Alhamdulillah setiap bulan selalu dibuka 2-4 kali keberangkatan umroh. Dan sudah membantu dan dipercaya ribuan jamaah untuk menunaikan ibadah umroh haji sejak tahun 2016.

Meskipun unit usaha di bawah lembaga sosial, NH Travel menerapkan sistem manajemen secara profesional. Pada tahun 2022 ini Nurul Hayat kembali tersertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015. Nurul Hayat juga konsisten menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

2. Royal Indonesia Travel

  • Alamat: The Great Saladdin Square Block C-18 Jl. Margonda Raya No.39 Depok, Pancoran Mas, Jawa Barat 16431
  • No. Telp : 082218818801
  • Email : –
  • Website : – 

3. Tazkia Travel haji Umroh

  • Alamat: Jl. Margonda Raya karet Rt 03/20 No.73 A Kampung Gedong, Kemiri Muka, Beji, Depok, Jawa Barat 16423
  • No. Telp : 085695956875
  • Email : –
  • Website : – 

Tazkia Travel sebagai jasa pelayanan umroh, haji plus, dan wisata halal. Tazkia travel akan menemani perjalanan para jamaah yang ingin berangkat ke Baitullah dengan nyaman dan aman.

4. Shafana Travel

  • Alamat: Jl. K.H.M. Yusuf Raya No.20, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411
  • No. Telp : 08111116559
  • Email : –
  • Website : – 

5. Annisa Travel

  • Alamat: No. Jagakarsa, Jl. Raya Lenteng Agung No.8A, RT.5/RW.8, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12610
  • No. Telp : 02129127777
  • Email : –
  • Website : – 

6. Darul Shafa

  • Alamat: Jl. Merawan I No.1, RT.04/RW.010, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16418
  • No. Telp : 081931109541
  • Email : –
  • Website : – 

7. Hana Tours

  • Alamat: Jl. Margonda Raya No.274, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
  • No. Telp : 02177802990
  • Email : –
  • Website : – 

Hana Tours sebagai jasa pelayanan umroh, haji, dan wisata muslim telah memiliki banyak testimoni dari jamaah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk pelayanan yang akan didapatkan. Ketika anda ingin menggunakan jasa dari Hana tours untuk berangkat umroh maka perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp 19 Juta hingga Rp 33 Juta tergantung dari paket yang anda pilih.

8.  Baitul Mustajabah

  • Alamat: Flet E, KSAT AMJIATAK, Jl. Klp. Dua Raya No.5, RT.011/RW.015, Pasir Gn. Sel., Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451
  • No. Telp : 081290141885
  • Email : –
  • Website : – 

9. Inti Ummul Quro

  • Alamat: Jl. K.H.M. Usman No.96, RW.04, Kukusan, Depok, Kota Depok, Jawa Barat 16425
  • No. Telp : 02178890753
  • Email : –
  • Website : – 

umroh murah

10. Baitul Mustajabah

  • Alamat: Flet E, KSAT AMJIATAK, Jl. Klp. Dua Raya No.5, RT.011/RW.015, Pasir Gn. Sel., Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451
  • No. Telp : 081290141885
  • Email : –
  • Website : – 

Travel ini sebagai layanan umroh dan haji dengan motto murah, mewah, dan barokah. Travel umroh depok Baitul Mustajabah memberikan pelayanan terbaiknya serta terpercaya. Untuk izin usaha, tentunya biro Umroh Baitul Mustajabah sudah memiliki izin legalitas dalam mendirikan perusahaan travel.

Jumat, 09 Juni 2023

Tanda Haji Mabrur Dari beberapa Hadits

Tanda Haji Mabrur Dari beberapa Hadits

Tanda Haji Mabrur Dari beberapa Hadits. Haji mabur sering diperbincangkan ketika musim haji karena memang disebut di dalam hadits Nabi Muhammad saw. Haji mabur sering disebut dalam khutbah-khutbah Jumat, khutbah di Arafah, dan juga dalam taushiyah pada kegiatan walimatus safar.

Berikut ini merupakan sejumlah hadits Nabi Muhammad saw perihal haji mabrur. Haji mabrur merupakan manasik yang tidak mengandung maksiat di dalamnya, bahkan berbagi makanan dan menjaga ucapan.

قوله المبرور قيل هو الذي لا يقع فيه معصية وقد جاء من حديث جابر مرفوعا إِنَ بِرَّ الحَجِّ إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَطِيْبُ الكَلَامِ وعِنْدَ بَعْضِهِمْ إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَإِفْشَاءُ السَّلَامِ

Artinya, “Mabrur adalah ibadah haji yang tidak terdapat maksiat di dalamnya. Sebuah hadits marfu’ dari sahabat Jabir ra, ‘Sungguh, haji mabrur itu memberikan makan kepada orang lain dan melontarkan ucapan yang baik.’ Menurut sebagian, ‘Memberikan makan kepada orang lain dan menebarkan salam’,” (Al-Mundziri, At-Targhib wat Tarhib, [Beirut, Darul Fikr: 1998 M/1418 H], juz II, halaman 69).

Adapun berikut ini adalah hadits riwayat Bukhari, Muslim, An-Nasai, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi yang menyebutkan ganjaran bagi jamaah haji yang menjauhi larangan-larangan haji baik yang berat maupun yang ringan sebagai bentuk haji mabrur.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ مَنْ حَجَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ رواه البخاري ومسلم والنسائي وابن ماجه والترمذي إلا أنه قال غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya, “Dari sahabat Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw, ia bersabda, ‘Siapa saja yang berhaji dan tidak berbuat rafats dan tidak berbuat fasik, maka ia akan kembali suci seperti hari dilahirkan oleh ibunya,’ (HR Bukhari, Muslim, An-Nasai, dan Ibnu Majah) dan At-Tirmidzi tetapi pada riwayatnya Rasulullah bersabda, ‘Maka dosanya yang terdahulu akan diampuni’,”

Adapun pada riwayat lain Rasulullah saw menjanjikan ganjaran surga bagi jamaah haji mabrur sebagai balasannya. Pada riwayat ini, Rasulullah Saw juga menyebutkan tanda haji mabrur.

عَنْ جَابِرِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ، قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ، وَمَا بِرُّهُ؟ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَطِيبُ الْكَلَامِ وفي رواية لأحمد والبيهقي إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَإِفْشَاءُ السَّلَامِ

Artinya, “Dari sahabat Jabir bin Abdillah ra, dari Rasulullah saw, ia bersabda, ‘Haji mabrur tiada balasan lain kecuali surga.’ Sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apa (tanda) mabrurnya?’ Rasulullah saw menjawab, ‘Memberikan makan kepada orang lain dan melontarkan ucapan yang baik,’ (HR Ahmad, At-Thabarani, Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi, dan Al-Hakim). Pada riwayat Ahmad dan Baihaqi, ‘Memberikan makan kepada orang lain dan menebarkan salam’,” (Al-Mundziri, 1998 M/1418 H: II/72).

Abu Amr Al-Qurthubi dalam karyanya At-Tamhid li Ma fil Muwaththa minal Ma’ani wal Asanid mengatakan, haji mabrur adalah haji yang tidak mengandung riya, sum’ah, rafats, dan fasik; serta dibiayai dengan harta yang halal.

Adapun rafats bermakna kalimat kotor di hadapan perempuan atau kalimat keji yang berkaitan dengan ketertarikan terhadap lawan jenis. Sedangkan fasik adalah hubungan badan suami dan istri.

Al-Munawi At-Taysir bi Syarhil Jami’is Shaghir menyebutkan, haji mabrur adalah ibadah ketaatan yang diterima oleh Allah. Haji mabrur tidak mengandung dosa dalam pelaksanaannya. Sedangkan sebagian ulama mengartikan haji mabrur sebagai pelaksanaan manasik yang terbebas dari jinayah, kejahatan berat yang mengandung dosa besar.

قَالَ وَالْأَصَحّ الْأَشْهَر أَنَّ الْحَجّ الْمَبْرُور الَّذِي لَا يُخَالِطهُ إِثْم مَأْخُوذ مِنْ الْبِرّ وَهُوَ الطَّاعَة وَقِيلَ هُوَ الْمَقْبُول الْمُقَابَل بِالْبِرِّ وَهُوَ الثَّوَاب ، وَمِنْ عَلَامَة الْقَبُول أَنْ يَرْجِع خَيْرًا مِمَّا كَانَ وَلَا يُعَاوِد الْمَعَاصِي وَقِيلَ هُوَ الَّذِي لَا رِيَاء فِيهِ وَقِيلَ : هُوَ الَّذِي لَا يَتَعَقَّبهُ مَعْصِيَة وَهُمَا دَاخِلَانِ فِيمَا قَبْلهمَا قَالَ الْقُرْطُبِيّ : الْأَقْوَال الَّتِي ذُكِرَتْ فِي تَفْسِيره مُتَقَارِبَة وَأَنَّهُ الْحَجّ الَّذِي وُفَّتْ أَحْكَامه وَوَقَعَ مَوْقِعًا لِمَا طُلِبَ مِنْ الْمُكَلَّف عَلَى وَجْه الْأَكْمَل

Artinya, “Qaul lebih sahih dan masyhur mengatakan bahwa haji mabrur itu manasik yang tidak mengandung dosa. Mabrur berasal dari kata ‘birr’ yaitu ketaatan. Ada yang mengartikan diterima yang dihadapkan pada ketaatan, yaitu pahala. Tanda haji diterima ialah seseorang pulang ke Tanah Airnya lebih baik dari sebelumnya dan tidak mengulangi maksiat yang pernah dilakukan. ada ulama yang berkata, haji mabrur tidak mengandung riya. Ada juga yang berpendapat, haji mabrur ialah manasik yang disusul dengan maksiat. Sedangkan keduanya (riya dan maksiat) dapat masuk pada ke dalamnya. Al-Qurthubi mengatakan, berbagai pendapat perihal haji mabrur disebutkan di tafsirnya dengan pengertian yang berdekatan, yaitu haji yang memenuhi ketentuan syarat, rukun, dan wajibnya dan terlaksana sesuai tuntutan terhadap mukallaf dengan jalan paling sempurna,” (As-Suyuthi, Sunan An-Nasai bi Syarhil Hafiz Jalaluddin As-Suyuthi, [Sematang, Thaha Putra: 1930 M/1348 H], juz V, halaman 112). Wallahu a’lam. 

 

Source : nu.or.id

Kamis, 08 Juni 2023

Bayi Gugur di Kandungan, Apakah Orang Tua Tetap Harus Aqiqah?

 

Bayi Gugur di Kandungan, Apakah Orang Tua Tetap Harus Aqiqah?

Bayi Gugur di Kandungan, Apakah Orang Tua Tetap Harus Aqiqah?

Bayi Gugur di Kandungan, Apakah Orang Tua Tetap Harus Aqiqah? Aqiqah adalah ajaran agama islam yang sangat mulia sebagai wujud syukur telah diberikan amanah buah hati dari Allah. Pada hari ketujuh dari kelahiran bayi maka orang tua disunnahkan untuk memberikan nama yang baik, mencukur rambut bayi serta menyembelih hewan ternak (akikah) sebagai wujud syukur kepada Allah.

Hal ini dikuatkan dengan sabda Rasulullah :

قال رسول الله كل غلام رهينة بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويسمى

Artinya, “Rasulullah bersabda ‘Setiap anak digadaikan dengan akikahnya, disembelih untuknya di hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur (rambutnya) serta diberikan nama’,” (HR Ahmad).

Seandainya seorang bayi keguguran di dalam kandungan. Maka ada dua perincian penting yaitu :

1. Bila keguguran di usia sebelum ditiupkannya ruh yaitu sebelum berusia 4 bulan atau 120 hari, maka tidak disunnahkan akikah.

2. Bila keguguran di usia setelah ditiupkannya ruh yaitu setelah berusia 4 bulan atau 120 hari, maka tetap sunnah akikah.

Hal ini sebagaimana pendapat imam Ibnu Hajar al-Haitami, beliau beralasan karena bayi yang belum ditiupkan ruh (belum berusia 4 bulan atau 120 hari) nanti tidak dibangkitkan di hari kiamat serta tidak memberikan manfaat bagi orang tuanya di hari kiamat.

قال ابن حجر ومثله لا تستحب العقيقة كالتسمية عن السقط إلا إن نفخت فيه الروح إذ من لم تنفخ الروح فيه لا يبعث ولا ينتفع به في الآخرة

Artinya, “Imam Ibnu Hajar dan sesamanya berpendapat bahwa tidak disunnahkan akikah sebagaimana (tidak disunnahkan) memberikan nama dari bayi yang keguguran kecuali ketika telah ditiupkan ruh kedalamnya (sang bayi) karena bayi yang belum ditiupkan ruh tidak dibangkitkan (di hari kiamat) dan tidak bermanfaat (bagi orang tuanya) di akhirat,” (Al-Masyhur Abdurrahman bin Husan, Bughyah al-Mustarsyidin [KSA: Darul Minhaj, 2003 M], halaman 258).

Hukumnya sangat dianjurkan aqiqah untuk anak laki-laki dengan dua ekor kambing dan untuk anak perempuan dengan dua ekor kambing. Seandainya bayi yang keguguran dan telah ditiupkan roh (usia 4 bulan atau 120 hari) setelah dicek USG (ultrasanografi) berjenis kelamin laki-laki maka aqiqahnya adalah dua ekor kambing, bila berjenis kelamin perempuan maka aqiqahnya adalah satu ekor kambing. Dan seandainya belum diketahui jenis kelamin bayi yang keguguran maka hendaknya akikah dengan dua ekor kambing untuk berhati-hati karena ada kemungkinan sang buah hati berjenis kelamin laki-laki.

Seandainya orang tuanya  sangat berkecukupan maka juga dibolehkan akikah lebih dari dua ekor kambing atau menyembelih hewan yang lebih besar seperti sapi ataupun unta sebagai akikah atas kelahiran sang bayi. Selain itu, dibolehkan berakikah dengan sistem iuran satu ekor sapi dengan niat akikah untuk tujuh anak.

ويسن أن يعق عن غلام بشاتين وجارية بشاة. وأفضل ثلاث وما زاد إلى سبع ثم بعير ثم بقرة. وتجوز مشاركة جماعة سبعة في بدنة أوبقرة سواء كان كلهم عن عقيقة أو بعضهم عن أضحية أو لا

Artinya, “Dan disunnahkan berakikah untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Dan lebih utama lagi (dalam akikah) tiga ekor hingga tujuh ekor (kambing), kemudian (lebih utama lagi) dengan unta, kemudian (lebih utama lagi) dengan sapi. Dan dibolehkan menghimpun kelompok berjumlah tujuh orang membeli badanah (unta) ataupun sapi baik dengan niat seluruh kelompok tersebut untuk akikah atau sebagian dari mereka berniat berkurban ataupun tidak berniat kurban,” (Qalyubi Ahmad Salamah, Hasyiyata Qalyubi wa ‘Umairah, [Beirut: Darul Fikr, 2003 M], juz IV, halaman 256).

Hukum sunnah akikah ini disesuaikan dengan kemampun orang tua sang bayi. Seandainya bayi yang yang lahir adalah laki-laki dan orang tua hanya mampu menyembelih seekor kambing maka diperbolehkan. Dan juga, seandainya tidak mampu menyembelih seekor kambing maka diperbolehkan menyembelih hewan halal yang mampu ia sembelih. Misal orang tuanya hanya mampu menyembelih ayam maka sudah mencukupi sebagai akikah sang anak. Hal ini sebagaimana pendapat Syekh Sirajuddin al-Bulqini :

والعقيقة مستحبة على المذهب وأقلها للمتمكن شاة ولغيره الإقتصار على ما يقدر عليه

Artinya, “Akikah adalah sunnah menurut mazhab (imam Asy-Syafi’I) dan minimal menyembelih satu ekor kambing bagi orang yang mampu, dan bagi selainnya (yang mampu menyembelih satu ekor kambing) cukup dengan menyembelih hewan yang mampu (disembelih),” (Al-Bulqini Sirajuddin, At-Tadrib fi al-Fiqh asy-Syafi’i, [KSA: Dar Qiblatain, 2012 M], juz III, halaman 163).

Simpulan di sini adalah sangat dianjurkan akikah bagi orang tua yang dianugerahi sang buah hati. Seandainya sang buah hati keguguran setelah berusia 4 bulan di dalam kandungan maka hendaknya tetap mengadakan akikah bagi sang buah hati. Meskipun sang buah hati telah wafat karena keguguran tetaplah ia sebagai karunia bagi orang tuanya yang patut disyukuri karna ia akan menjadi syafaat bagi orang tuanya di hari kiamat.

قال رسول الله إن السقط ليراغم ربه إذا دخل أبواه النار حتى يقال أيها السقط المراغم ربه ارفع فإني أدخلت أبويك الجنة

Artinya, “Rasulullah bersabda, ‘Sungguh seorang bayi yang keguguran menundukkan kepalanya dihadapan Allah ketika kedua orang tuanya masuk neraka sehingga diserukan kepadanya (bayi keguguran tersebut) ‘Wahai bayi keguguran yang menundukkan kepalanya dihadapan tuhannya, angkatlah (kepalamu) sungguh aku (Allah) telah memasukkan kedua orang tuamu ke dalam surga’,” (HR Baihaqi).

 

Klik gambar untuk berkurban murah, mudah, dan sah :

 

Source : nu.or.id

Selasa, 30 Mei 2023

Cara Efektif Mendidik Anak Menurut Imam Al-Ghazali

 

Cara Efektif Mendidik Anak Menurut Imam Al-Ghazali

Cara Efektif Mendidik Anak Menurut Imam Al-Ghazali

Cara Efektif Mendidik Anak Menurut Imam Al-Ghazali. Imam Al-Ghazali melalui Kitab Ihya Ulumiddin membahas juga aspek parenting dalam Islam. Imam Al-Ghazali menganggap penting pendidikan anak karena anak merupakan amanah dari Allah bagi kedua orang tuanya selain tanggung jawab urusan nafkah yang berkaitan dengan fisik anak.

Imam Al-Ghazali memandang jiwa anak-anak seperti kertas kosong tanpa coretan dan garis apapun. Jiwa anak-anak siap ditulis dan akan menerima model tulisan apapun yang tercermin dalam jiwanya. Oleh karena itu, Imam Al-Ghazali menilai urgensi cara orang tua dan lingkungan sekitar yang akan menulis dan membentuk jiwa anak.

اعلم أن الطريق في رياضة الصبيان من أهم الأمور وأوكدها والصبيان أمانة عند والديه وقلبه الطاهر جوهرة نفيسة ساذجة خالية عن كل نقش وصورة وهو قابل لكل ما نقش ومائل إلى كل ما يمال به إليه  

Artinya : “Ketahuilah cara mendidik anak termasuk masalah yang paling penting dan paling urgen. Anak merupakan amanah bagi kedua orang tuanya. Hati mereka suci, mutiara berharga, bersih dari segala ‘ukiran’ dan rupa. Hati anak-anak menerima setiap ‘ukiran’ dan cenderung pada ajaran yang diberikan kepada mereka,” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz III, halaman 77).

Imam Al-Ghazali menyarankan dua model pendekatan dalam mendidik anak. Imam Al-Ghazali menyarankan orang tua untuk membiasakan atau memberikan contoh perbuatan baik dalam keseharian anak. Imam Al-Ghazali juga menyarankan orang tua untuk mengajar kebaikan kepada anaknya.

Dua model pendekatan dalam mendidik anak sangat penting. Pertama, pembiasaan kebaikan dalam hidup keseharian akan membekas dalam jiwa anak. Kedua, penanaman nilai-nilai kebaikan juga tidak kalah pentingnya untuk memberikan standar kebaikan dalam jiwa anak.

Imam Al-Ghazali mengatakan, orang tua memikul tanggung pendidikan karakter dan pengasuhan anak. Orang tua akan menuai pahala ketika mendidik anaknya dengan baik. Sebaliknya, orang tua akan memikul dosa yang begitu besar ketika membiarkan begitu saja pertumbuhan anaknya. Oleh karena itu, orang tua tidak boleh lalai dan abai dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak.

فإن عود الخير وعلمه نشأ عليه وسعد في الدنيا والآخرة وشاركه في ثوابه أبوه وكل معلم له ومؤدب وإن عود الشر وأهمل إهمال البهائم شقي وهلك وكان الوزر في رقبة القيم عليه والوالي له

Artinya : “Jika orang tua membiasakan dan mengajarkan kebaikan, maka anak akan tumbuh dalam kebaikan dan bahagialah orang tuanya di dunia dan akhirat. Ia pun akan mendapat pahala dari amal saleh yang dilakukan anaknya (tanpa mengurangi hak pahala anak). Demikian juga berlaku bagi setiap guru dan pendidik. Jika ia membiasakan keburukan dan membiarkan anaknya seperti membiarkan binatang ternak, maka ia akan celaka dan binasa. Sementara dosanya juga ditanggung pengasuh dan walinya,” (Imam Al-Ghazali, 2018 M/1439-1440 H: III/77).

Imam Al-Ghazali mengutip Al-Qur’an Surat At-Tahrim ayat 6. Menurutnya, Surat At-Tahrim ayat 6 menyiratkan tanggung jawab besar orang tua dalam mendidik, membimbing, dan mengasuh anak.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا  

Artinya : “Wahai orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” (Surat At-Tahrim ayat 6).

Dari berbagai keterangan ini, Imam Al-Ghazali mengingatkan orang tua untuk lebih memperhatikan pendidikan, bimbingan, dan pengasuhan anak, tidak mengabaikan mereka tanpa pendidikan agama dan pendidikan akhlak dalam kesehariannya.

Klik gambar untuk berkurban murah, mudah, dan sah :

Source : nu.or.id

Rabu, 24 Mei 2023

Lebih Baik Kurban Hewan Betina atau Jantan?

Lebih Baik Kurban Hewan Betina atau Jantan?

Lebih Baik Kurban Hewan Betina atau Jantan? Disyaria’atkan dalam berkurban apabila hewan kurban termasuk dari binatang ternak yang terbebas dari aib atau cacat, sudah mencapai umurnya yang sesusai dengan syari’at, dan yang demikian itu tidak ada bedanya antara betina dan jantan, boleh berkurban dengan keduanya.

Imam An Nawawi Rahimahullah dalam dalam kitab “ Al Majmu’ ” (364/8) berkata: “Adapun syarat yang diperbolehkan dalam berkurban adalah ; apabila hewan yang disembelih termasuk binatang ternak yaitu onta, sapi dan kambing, dalam hal ini onta dan semua jenisnya, sapi dan semua jenisnya, kambing dan semua jenisnya baik jenis domba atau jenis kacang, semuanya adalah  sama tidak ada bedanya, akan tetapi tidak diperbolehkan selain binatang ternak ; seperti sapi liar atau banteng dan himar yang liar, yang dalam hal pelarangan ini tidak ada perselisihan ulama’, sebagaimana tidak ada perselisihan antara jantan dan betina dari semua jenis binatang ternak tersebut, ini menurut kami ”. Dinukil secara ringkas.

Para Ulama’ Al Lajnah Ad Daaimah Lil Ifta’ ditanya akan hal ini : mohon berikan pengertian kepada kami tentang hewan kurban, apakah boleh berkurban dengan domba yang baru berumur enam bulan, sebagaimana banyak kalangan yang melarang dan mereka mengatakan : tidak diperbolehkan berkurban kambing jenis domba melainkan yang sudah berumur genap satu tahun ??

Para ulama’ menjawab : “ Tidak diperbolehkan berkurban kambing jenis domba kecuali bila telah berumur enam bulan dan memasuki bulan ketujuh atau lebih, baik jantan atau betina keduanya sama, dan dinamakan Jadza’; Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan An Nasa’i dari hadits Mujasyi’ dia berkata : saya telah mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : ( Sesungguhnya Jadza’ telah mencukupi apa yang mencukupinya hewan yang telah tanggal giginya) dan tidak diperkenankan dari kambing jenis Jawa atau Kacang, sapi dan unta melainkan apabila telah masuk umur musinnah, baik jantan atau betina adalah sama, yang di sebut Musinnah dari masing – masing kambing, sapi dan unta adalah : Kambing jenis Jawa atau kacang yang telah berumur setahun dan masuk ke tahun kedua, sapi yang umurnya genap dua tahun dan telah memasuki tahun ketiga, dan unta yang telah berumur genap lima tahun dan telah memasuki tahun keenam ; sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam :

(لا تذبحوا إلا المسنة ، إلا إن تعسر عليكم فاذبحوا الجذع من الضأن) رواه مسلم)

Janganlah kalian menyembelih melainkan telah masuk umur musinnah, namun jika kalian sulit mendapatkannya maka berkurbanlah dengan Jadza’ dari jenis domba  Hadits Riwayat Muslim. “ Fatawa Al Lajnah Ad Daaimah ”(414/11),

Dan bisa dilihat pula Syarat – syarat hewan kurban pada jawaban soal nomer ( 36755 ). Wallahu A’lam Bisshowaab.

 

Qurban murah, mudah, dan sah, klik : 

 

Source : Islamqa.info

Senin, 15 Mei 2023

10 Travel Umroh Bandung Recommended

10 Travel Umroh Bandung Recommended

Travel Umroh Bandung  yang saat ini sedang dicari dan diminati banyak orang terutama melihat dari segi pelayanan yang maksimal dan harga paket murah pun juga jadi pertimbangan. Tetapi, mengeluarkan biaya untuk ibadah umrah tidaklah sedikit. Oleh karena itu, kehati-hatian dalam memilih biro/travel untuk melaksanakan ibadah umroh maupun haji sangat diperlukan.

Semua umat muslim di seluruh dunia pasti akan melaksanakan ibadah umroh. Karena Rasulullah sangat menganjurkan bagi setiap umat muslim yang mampu secara fisik maupun finansial. Selain itu juga ada ibadah Haji dimana ibadah ini masuk dalam rukun islam yang wajib dilakukan bagi yang mampu.

Selama melaksanakan ibadah umroh, kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang utama. Sebelum berangkat, calon jamaah umroh harus memastikan dengan baik travel mana yang akan dipilih. Nantinya, travel umroh yang dipilih akan menjadi fasilitator jamaah dalam melaksanakan ibadah umrah. Travel akan mempengaruhi kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah umroh. Oleh karena itu, calon jamaah harus mempertimbangkan pemilihan travel pelaksanaan umroh dengan baik.

Oleh karena itu, kami akan membagikan review 10 Travel Umroh Bandung yang terbaik, terpercaya, amanah, dan profesional. Yang selalu memberikan pelayanan maksimal untuk jamaahnya. Simak artikel berikut sampai selesai.

1. Nurul Hayat Travel Umroh & Haji

travel umroh bandung

  • Alamat : Jalan Ahmad Yani no.1005, Cicaheum, Bandung (100 Meter dari Terminal Cicaheum)
  • Map: Klik Disini
  • No Whatsapp: 081233827372
  • Telepon : 0318783344
  • Website : nhumroh.com
  • Email : cs@nurulhayat.org
  • Fasilitas :
    • Visa
    • Paspor
    • Vaksin
    • Executive Bus
    • 3x sehari buffet nusantara
    • 3x sehari asia food
    • Air zamzam 5 liter
    • Perlengkapan Ibadah
    • Perlengkapan Perjalanan
    • Dokumentasi Video dan Foto
    • dll cek selengkapnya Disini

NH Travel – merupakan biro perjalanan wisata Umroh dan Haji milik Nurul Hayat. Sehingga hasil usaha travel ini digunakan untuk mensupport program-program kebaikan LAZNAS Nurul Hayat. Travel Nurul Hayat atau sering disebut NH Travel juga sudah mendapat izin penyelenggaran umroh dari kemenag dengan No. izin U.491/2021. Alhamdulillah setiap bulan selalu dibuka 2-4 kali keberangkatan umroh. Dan sudah membantu dan dipercaya ribuan jamaah untuk menunaikan ibadah umroh haji sejak tahun 2016.

Meskipun unit usaha di bawah lembaga sosial, NH Travel menerapkan sistem manajemen secara profesional. Pada tahun 2022 ini Nurul Hayat kembali tersertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015. Nurul Hayat juga konsisten menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

2. Almira Travel

  • Alamat : Jl. Anggrek Boulevard No.26, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40192
  • No. Telp : 0811-1513-373
  • Website :
  • Email :

promo umroh

3. MAZQ Tour Haji & Umroh

  • Alamat : Jl. Lodaya No.127, Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong,, Kota Bandung, Jawa Barat, 40264, Indonesia
  • Email : admin@mazq.co.id
  • No. Telp : 081395279712
  • Website :

4. Smarts Umroh

  • Alamat : OFFICE 88 KASABLANKA TOWER A, JL RAYA CASABLANCA NO 16
  • Email :
  • No. Telp : +6281220538106
  • Email :

Smarts Umrah – PT. Al Shafwah Wisata Mandiri hadir untuk memberikan solusi “Langsung Berangkat Tanpa Tunggu” dengan pilihan banyak pilihan keberangkatan yang akan dengan mudah menyesuaikan jadwal anda.

Perjalanan nyaman dengan Maskapai terbaik non transit, hotel terbaik fasilitas makan fullboard. Pelayanan sebelum keberangkatan, pelayanan selama umrah, hingga jamaah kembali ke Indonesia kami layani dengan sepenuh hati selama 24 jam oleh tim yang profesional dan berkompetensi dibidangnya. PT AL Shafwah Wisata Mandiri (Smarts Umrah) adalah angggota , dan juga telah ber izin resmi Kemenag dengan nomor 735 tahun 2016.

5. Rabbani Tour

  • Alamat : Jl. Kejaksaan No.37A, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
  • Email :
  • No. Telp : –
  • Website :
TENTANG RABBANITOUR TRAVEL UMROH TERBAIK
Jadikanlah Perjalanan Umroh Anda Lebih Bermakna Dengan Bergabung Bersama Rabbanitour
RabbaniTour, biro travel umroh yang telah memiliki izin Umroh No 31 tahun 2017 (Perpanjangan izin jadi U.300 tahun 2020) Alhamdulillah dengan izin Allah SWT 100% telah memberangkatkan jamaah umroh sampai pulang kembali ke tanah air dengan selamat. Rabbanitour juga meraih penghargaan sebagai Biro Perjalanan wisata tersertifikasi oleh Badan Akreditasi Nasional dengan 7 Tour leader Tersertifikasi nasional, 1 Travel Consultant tingkat Asean dan 1 Asesor tingkat Nasional. Bukti bahwa Rabbanitour berkomitmen untuk melayani pelanggan/para calon jemaah kami lebih baik, Rabbanitour akan melayani dengan maksimal dari awal hingga akhir 100% pelayanan untuk jamaah, dan PT Rabbani Semesta Utama bersertifikat Nasional, sehingga Sahabat tidak usah ragu lagi untuk mempercayakan Rabbantiour sebagai Sahabat Anda menuju Baitullah.
Dengan komitmen tersebut, Alhamdulilah, sebuah kehormatan untuk Rabbanitour.com terpilih menjadi salah satu dari 5 Penyelenggara Perjalanan Umroh yang terseleksi dari ribuan travel umroh di Indonesia beserta Amphuri dan Himpuh yang menandatangani MOU dengan Saudi Tourism Authority (STA) untuk mempromosikan wisata Saudi baik meningkatkan kunjungan jamaah umrah dan wisatawan non umroh yang akan explore negara Saudi.
umroh murah

6. Qiblat Tour :

  • Alamat : Jl. taman cibeunying Selatan No. 15 Bandung
  • No. Telp : +62 813-2172-2993
  • Email : admin@qiblattour.co.id

Qiblat tour hadir untuk memberikan bimbingan dan pelayanan kepada tamu Allah, baik dalam perjalanan Haji maupun Umroh. Kami bekali Pembimbing dengan pengetahuan dan teknik yang memadai agar dapat menjadi pembimbing ibadah sekaligus pemimpin perjalanan yang terbaik. Seluruh pembimbing kami telah mengikuti sertifikasi Pembimbing Haji dan Umroh, serta sertifikasi Tour Leader dan Tour guide.

 

7. Maqdis Travel

  • Alamat : Metro Indah Mall Blok D No. 20, Jl. Soekarno-Hatta No.590, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
  • No. Telp : 0813-2004-9057
  • Email : umrah.maqdis@gmail.com
  • Website :

8. Safari Suci Haji & Umroh

  • Alamat : Jl. Taman Citarum No.11, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
  • No. Telp : 022-4205133 – 022-4205127
  • Email : info@safarisuci.co.id
  • Website :

9. SS Umroh

  • Alamat : Jl. Parakan Saat I Jl. Soekarno Hatta No.40, Cipamokolan, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40292
  • No. Telp : 081312017883
  • Email :
  • Website :

10. Safar Mulia Travel

  • Alamat : Jl. Soekarno-Hatta No.689B Parahyangan Business Park, The Suites @ Metro Apartment, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
  • No. Telp : 0821-1504-8000
  • Email :
  • Website : 

Safar Mulia Travel adalah Perusahaan yang bergerak dibidang jasa tour & travel, yang memberikan pelayanan Umroh Haji Plus dan Wisata Muslim, yang meliputi Tour Domestik maupun Internasional atau Manca Negara. Safar Mulia Travel berdiri sejak tahun 2018 dengan nama PT. SAFAR MULIA INDONESIA, yang beralamat kantor di lokasi yang strategis di Parahyangan Bisnis Park B-02, The Suite Metro Jalan Soekarno Hatta No 698, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

umroh murah

 

  5 Rekomendasi Jasa Aqiqah Terbaik di Solo Assalamualaikum ayah bunda yang akan merayakan kebahagiaan bersama buah hati di perayaan aqiqah....